Responsive Advertisement

Laporan ke Polisi Pakai Nama Samaran

Laporan ke Polisi Pakai Nama Samaran
SRIPOKU.COM/ANDI WIJAYA
Ilustrasi 
Laporan ke Polisi Pakai Nama Samaran
Laporan Reporter Tribun Lampung Eka A Solihin 
TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - YTH Pengamat Hukum. Boleh tidak membuat laporan kepada pihak kepolisian mengenai suatu kasus tanpa mencantumkan nama asli pelapor, tapi hanya nama lainnya yang tidak sesuai dengan yang terdaftar pada kartu identitas (KTP)?
Terima kasih atas penjelasannya.
Pengirim: +6281379748xxx
Harus Sesuai Identitas Asli
Pada saat seseorang akan menyampaikan laporan dugaan telah terjadi tindak pidana kepada aparat penegak hukum khususnya kepolisian, maka yang pertama kali diminta adalah terkait data tentang identitas seorang pelapor.
Data tersebut tentunya yang bersumber dari Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Surat Izin Mengemudi (SIM) atau identitas lainnya yang memuat nama asli pelapor.
Pada dasarnya seseorang yang akan melaporkan orang lain, maka datanya harus sesuai identitas asli baik pelapor maupun terlapor.
Hal ini bertujuan untuk menjamin kepastian dalam penentuan subjek hukum, karena dapat saja menyebabkan error in persona apabila tidak sesuai dengan identitas asli.
Meskipun tidak diatur secara tegas dalam aturan terkait identitas pelapor harus nama atau identitas asli, akan tetapi pada saat menandatangani laporan maka harus sesuai dengan identitas aslinya.
Gindha Ansori Wayka SH MH
Pengamat Hukum di Bandar Lampung

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Facebook

Responsive Advertisement
Responsive Advertisement
Responsive Advertisement