Responsive Advertisement

Penegak Hukum Ulur Waktu Pemeriksaan

Penegak Hukum Ulur Waktu Pemeriksaan
net
Ilustrasi 
Penegak Hukum Ulur Waktu Pemeriksaan
Laporan Reporter Tribun Lampung Eka A Solihin 
TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - YTH Pengamat Hukum. Saya mau tanya adakah upaya hukum apabila penegak hukum (polisi dan jaksa) mengulur ulur waktu pemeriksaan terhadap saksi ataupun tersangka, hingga menyebabkan waktu seorang saksi atau tersangka terbuang percuma hanya untuk menunggu waktu pemeriksaan oleh penyidik.
Pengirim: +6285279537xxx
Dapat Sampaikan Keberatan dan Evaluasi
Terhadap seseorang yang memiliki status, baik saksi maupun tersangka, terhadap seseorang tersebut penegak hukum tidak diperkenankan mengulur-ulur waktu dalam pemeriksaan, sehingga waktu seseorang tidak terbuang sia-sia jika sebagai saksi, dan segera mendapatkan kepastian hukum jika yang bersangkutan sebagai tersangka.
Hal ini mengacu pada Ketentuan Hak-Hak Tersangka dan Terdakwa sebagaimana di dalam Pasal 50 Ayat (1) dan Ayat (2) KUHAP yang menjelaskan bahwa Tersangka berhak segera mendapat pemeriksaan oleh penyidik dan selanjutnya dapat diajukan kepada Penuntut Umum (Pasal 50 Ayat (1)) dan Tersangka berhak perkaranya segera dimajukan ke Pengadilan oleh Penuntut Umum umum (Pasal 50 Ayat (2)).
Apabila ada penegak hukum yang mengulur-ulur waktu dalam hal pemeriksaan saksi atau tersangka, maka saudara dapat menyampaikan keberatan dan evaluasi serta saran kepada Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan (Jamwas) melalui asisten bidang pengawasan (Aswas) di lingkup Kejaksaan.
Atau keberatan dan evaluasi serta saran di Kepolisian dapat disampaikan kepada bidang Pengamanan Internal Polri (Paminal) dan Bidang Profesi dan Pengamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Propam Polri).
Gindha Ansori Wayka, SH, MH
Pengamat Hukum di Bandar Lampung

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Facebook

Responsive Advertisement
Responsive Advertisement
Responsive Advertisement