Responsive Advertisement

Bendungan Amburadul KPKAD Minta Penegak Hukum Bertindak

Media-merdeka.com- Menyikapi dugaan rendahnya dan buruknya konstruksi bendungan Way Gatal Kecamatan Gadingrejo (Amburadul-red) yang telah menelan anggaraan Rp 8,8 Miliar APBD tahun 2018, Gindha Ansori Wayka Koordinator Presidium KPKAD Lampung, meminta penegak hukum mengambil sikap tegas.
Dosen Pendidikan Budaya Anti Korupsi Poltekkes Tanjung Karang, melalui WhatsApp, Selasa, (26/2/2019), mengatakan jika kondisi konstruksi bendungan sangat memperihatinkan.
Diterangkannya, bahwa Pembangunan Jaringan Irigasi Bendungan Way Gatal Kecamatan Gadingrejo mulai kontraknya 25 April 2018 dengan nomor kontrak : 027/04/SP/AIR-01/D.03/2018 nilai Fisik Rp 8.819.914.097 APBD dan untuk Kontraktor Pelaksana PT. Kencana Biru Perkasa dengan Konsultan pelaksana CV. Piramida Engineering Consultant.
“Proyek itu dalam pengawalan dan pengamanan TP4D Kejaksaan Negeri Pringsewu yang diduga tidak berjalan,” katanya.
Menduga kondisi memprihatinkan,
Gindha Ansori, mendesak kepada Kajati, Kapolda Lampung dan KPK untuk turun langsung ke Kabupaten Pringsewu terkait buruknya pembangunan dan pengawasan dari TP4D yang di percayakan dalam pengawasan selama ini.
“Idealnya dengan dana yang sudah digelontorkan tersebut konstruksi bendungan harusnya kokoh dan maksimal. Kalau kemudian bangunan tidak sesuai dengan spesifikasi sebagaimana yang ada di dalam kontrak maka diduga telah terjadi tindak pidana korupsi,” ucapnya.
Karena secara fakta, lanjutnya, pembangunan tersebut memiliki kontrak apa saja yang harus dilakukan oleh kontraktor dengan dana 8.8 milyar tersebut. Jika tidak sesuai maka pengerjaan ini akan berdampak pada hasil pekerjaan.
“Tidak mungkin kalau sudah dibuatkan kontraknya dan pekerjaannya sesuai dengan kontrak terus akan menghasilkan konstruksi bangunan yang buruk karena prosesnya telah melalui perhitungan yang matang dalam rencana anggaran biaya (RAB) dan Perencanaan sebelumnya,” terangnya. (Red)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Facebook

Responsive Advertisement
Responsive Advertisement
Responsive Advertisement